Skip to content
Penyakit Ayam Jago

Penyakit Ayam Jago Aduan Yang Wajib Kita Hindari

Seperti halnya manusia, ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang ayam jago kita. Untuk ayam jago aduan, memiliki penyakit akan sangat fatal untuk karier bertanding mereka. Dan hal ini perlu kita ketahui sebagai pemilik ayam jago aduan. Ya benar sekali, untuk para pemilik ayam jago aduan, kami akan mencoba membahas mengenai penyakit ayam jago aduan yang perlu diwaspadai sehingga nantinya teman teman tidak terjebak dengan ayam jagi yang sakit dan tidak bisa menang di dalam pertandingan sabung ayam yang ada di https://s128s.com/ tersebut. Untuk anda yang penasaran, penyakit ayam itu ada beberapa dan akan kami bahas berikut ini untuk anda semua.

Beberapa jenis Penyakit ayam jago aduan yang harus diwaspadai

  1. Cacingan

Factor utama yang dapat menyebabkan penyakit cacingan adalah karena kelalaian atas kebersihan kandang atau tempat tingal ayam tersebut, jadi tidak hanya manusia saja yang beresiko terkena cacingan melainkan ayam jago aduan pun juga bisa terjangkit penyakit cacing jika lingkungan tempat hidupnya kotor. Gejalanya penyakit ayam jago aduan ini bisa terlihat dari perilaku ayam yang lesu dan tidak lincah seperti biasanya serta penurunan berat badan yang signifikan, untuk menanganinya anda bisa memberikan ayam jago aduan dengan vitamin yang tepat serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandangnya.

Kebersihan Kandang

  1. Berak putih

Penyakit ayam jago aduan yang satu ini mungkin bisa menjadi yang harus diwaspadai, sebab jika ayam jago aduan anda sudah terindikasi penyakit berak putih maka anda harus segera mengobatinya seperti memberikan tretaclor atau trimezin sesuai dosis yang tepat. Akan tetapi jika ayam jago aduan anda tetap tidak sembuh dalam beberapa hari berikutnya maka jangan tunggu waktu lagi, segeralah kuburkan atau bakar ayam tersebut sebelum virus yang ada di tubuhnya menular kea yam lainnya.

  1. Berak darah

Hampir sama dengan penyakit berak putih, pada penyakit yang satu ini ayam jago aduan juga sangat rentan dan beresiko atas kematian jika sudah dalam kondisi yang kritis. Gejala yang bisa terlihat seperti sayap ayam yang menggantung lemas, mencret, tubuh ayam menggigil, serta susah makan. Pemberian trisula zuco atau tetra chlorine bisa menjadi pengobatan dengan dosis yang tepat sebelum kondisi tubuh ayam semakin menurun.

  1. Tetelo

Salah satu penyakit ayam jago aduan yang paling sering menimpa ayam jago aduan adalah Tetelo, penyakit ini disebabkan oleh virus ND yang dapat mengancam nyawa ayam jago aduan anda. Ayam yang telah terjangkit virus ND akan terlihat lemas, ngorok, batuk dan bersin, nafas yang tak beraturan, serta ditandai dengan feses yang berwarna kemerahan. Satu – satunya cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan memberikannya vaksin, jika tidak maka bersiaplah untuk segera memusnahkan ayam anda karena virus ini akan cepat menular ke ayam lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

No comments yet.

Leave a Reply

Comments (0)